Artikel Web Desain

8 03 2012

Web Design bukan hanya tentang gambar. Selain harus dapat menciptakan gambar-gambar kreatif Anda juga harus dapat mengerti dan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam Web Design. Dalam mendesain theme sebuah blog maupun website setidaknya ada 4 bahasa utama yang harus Anda pelajari yaitu HTML, PHP, CSS, dan JavaScript.

Artikel kali ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara penulisan dan cara menggunakan bahasa tersebut dalam mendesain web. Oya, saya juga gak akan membahas terlalu detail dengan memberikan semua perintah-perintah yang ada dalam bahasa tersebut, tapi hanya yang sekiranya diperlukan aja biar gak terlalu bingung. Tanpa banyak basa-basi ayo kita mulai!

HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan format dokumen yang digunakan dalam WWW (World Wide Web). Tugasnya adalah untuk menampilkan data dalam browser seperti teks, gambar, link, dan elemen lainnya. Format penulisannya sebagai berikut <namasintaks> ... </namasintaks>. Secara umum cara penulisan urutan tag standar HTML dalam sebuah halaman Web adalah sebagai berikut:

CODE:

  1. <html>
  2. <head> … </head>
  3. <title> … </title>
  4. <body> … </body>
  5. </html>

HTML juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam efek pada teks seperti tebal, miring, garis bawah, jenis huruf dan juga mengatur warna. Kode HTML dalam sebuah halaman web bisa dilihat dengan mudah. Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox cukup dengan menekan tombol Ctrl+U.

Ekstensi file: *.htm atau *.html

Info lengkap tentang HTML: W3C (World Wide Web Consortium)

CSS

Dalam mendesain web/blog, CSS (Cascading Style Sheet) memakan porsi yang cukup besar mungkin sekitar 50-60%. Maka kelihaian Anda dalam mengolah skrip CSS sangat penting. Tugasnya sangat penting yaitu mengatur layout halaman, format teks, dan pewarnaan dan lain-lain. Secara umum cara penulisan fungsi style dalam CSS adalah sebagai berikut:

CODE:

  1. .nama_style {
  2. properti: nilai;
  3. }
  4. </style>

Setiap nama syle harus ditambahkan tanda . (titik) didepannya. Misalnya membuat style untuk teks dengan nama “huruf_arial” font Arial dan ukuran 18px, skripnya adalah sebagai berikut:

CODE:

  1. .huruf_arial {
  2. font: arial;
  3. font-size: 18px;
  4. }
  5. </style>

Untuk menggunakan style yang telah kita buat dalam CSS kehalaman HTML, skrip perintahnya adalah sebagai berikut:

CODE:

  1. Contoh teks

Anda juga bisa meletakkan skrip CSS dan HTML dalam 1 halaman, namun bagi kebanyakan orang hal itu dapat cukup merepotkan karena baris skrip bisa menjadi sangat panjang. Maka untuk memisahkannya copy aja skrip CSS tersebut mulai dari tag hingga </style> lalu meyimpannya dalam satu file dengan format namafile.css.

Untuk memanggil skrip CSS tersebut cukup dengan perintah:

CODE:

  1. namastyle.css” type=”text/css” media=”all” />

Letakkan skrip diatas, 1 folder bersama dengan file html yang ingin menggunakan style tersebut.

 

http://dhinata.com/bahasa-pemrograman-web-design-bagian-1.html

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: